soundsystem

Agar Awet, Yuk Hindari 5 Hal Yang Membuat Speaker Aktif Cepat Rusak

Banyak dimanfaatkan untuk membuat audio lebih maksimal, speaker aktif menjadi barang yang banyak diburu. Terutama bagi penikmat musik yang ingin mendengarkannya dengan suara lebih keras. Speaker aktif yang digunakan dengan sering maka performanya kelamaan bisa menurun. Untuk itu anda harus tetap melakukan perawatan agar speaker aktif terbaik anda tetap terjaga performanya. Dan anda bisa memulai dengan menghindari hal hal berikut.


Kebiasaan Yang Harus Dihindari atau Dihentikan Agar Speaker Tahan Lama


1. Tidak Melepas Kabel

Kebiasaan pertama yang harus anda hentikan jika tidak ingin speaker rusak adalah tidak melepas kabel ketika speaker tidak digunakan. Kebiasaan ini juga diteruskan akan membuat kualitas dari speaker turun. Lama kelamaan juga akan mengalami kerusakaan pada speaker anda. Sehingga ada baiknya untuk tidak membiarkan kabel tetap di stop kontak agar bisa awet. Cabut kabel dari speaker jika memang tidak lagi anda gunakan apalagi dalam jangka waktu lama.


2. Frekuensi Yang Rendah

Anda harus tahu jika dalam speaker terdapat beberapa frekuensi suara yang dibagi dalam woofer, midrange serta tweeter. Masing masing speaker ini memiliki tugas dan karakter tersendiri. Jika anda mengatur frekuensinya terlalu rendah maka bagian woofer nantinya tak akan memberikan feedback. Anda juga sebaiknya tidak mengatur terlalu rendah di bagian trebelnya. Sebab kebiasaan ini  bisa merusak bagian dari konus speaker aktif terbaik yang anda miliki.


3. Membiarkan Di Tempat Terbuka

Kebiasaan buruk yang juga harus dihindari adalah tidak membiarkan speaker di ruangan terbuka. Sebab speaker akan terus terpapar debu dan membuat kualitasnya nnati memburuk. Anda sebaiknya menyimpan di tempat tertutup speaker aktif ini apalagi saat tidak digunakan. Jika memang terpaksa untuk meletakkan di tempat terbuka, maka anda harus rajin membersihkannya dari debu. Jangan gunakan lap basah atau air agar kualitasnya tetap baik.


4. Inter Koneksi Yang Buruk

Anda harus tahu jika speaker aktif memiliki dua kotak speaker di kanan dan di kiri. Yang mana salah satu dari dua speaker tersebut berfungsi sebagai speaker pasif. Speaker pasifnya bisa mendapatkan sinyal dari ampli yang terkoneksi dengan kabel RCA. Sambungan ini harus dipastikan kencang sebelum dinyalakan. Sebab nanti speaker aktif terbaik anda bisa mengalami dengung atau ground loop. Jika dibiarkan akan membuat speaker rusak, maka inter koneksi harus tepat.


Dengan menghindarkan dari kebiasaan tersebut, maka anda bisa membuat langkah agar speaker anda tetap awet. Kebiasaan yang Tanpa kita sadari hal hal kecil bisa membuat speaker kita berumur pendek. Untuk itu jika anda memiliki kebiasaan tersebut ada baiknya untuk menghentikannya. Sekalipun anda membeli yang berkualitas, jika penggunaan dan perawatannya tidak baik maka akan tetap membuat speaker cepat rusak atau kualitas suaranya turun.

Baca Juga : 
https://ngilmu.puzl.com/_news/Mengenal-dan-Tips-Memilih-Amplifier-Audio-Berkualitas/238274
https://kimrowe.localinfo.jp/posts/8213663


soundsystem

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group