soundsystem

Yuk Kenali 2 Kelebihan Mic Condenser Dibandingkan Mikrofon Biasa

Untuk anda yang sering menyaksikan live streamer dari Youtuber, pastinya anda pun sudah tidak asing dengan alat satu ini. Mikrofon khusus yang digunakan oleh Youtuber atau streamer tersebut disebut dengan mic condenser. Apa bedanya dengan mikrofon biasa? Maka sebelum anda mencari jenis mic condenser terbaik ini, maka anda pun bisa mengetahui terlebih dahulu kelebihan yang ada di dalam mic satu ini. Simak ulasannya berikut.


Mengintip Kelebihan Mic Condenser Dibandingkan Dengan Mikrofon Biasa

1. Memiliki Membran yang Lebih Sensitif

Di dalam sebuah mikrofon condenser terdapat  istilah yang disebut dengan membran atau diafragma. Membran disini memiliki fungsi untuk menangkap suara. Sehingga nantinya membran  tersebut akan bergetar ketika terdapat suara, sekalipun suara tersebut sangat kecil. Untuk itu, ketika membran tersebut bergetar maka nantinya akan bisa untuk mengaktifkan sinyal listrik. Dan selanjutnya akan diolah menjadi suara yang terdapat di pre amplifier.

Sedangkan untuk mikrofon yang standar, tidak menggunakan membran layaknya mic condenser terbaik untuk menangkap suara. Melainkan di dalam mikrofon standar terdapat kumparan yang terbuat dari logam. Dimana kumparan tersebut memiliki fungsi untuk menankap suara yang memiliki power yang besar. Karena mikrofon standar menggunakan kumparan, maka untuk ukuran sensitivitasnya tidak terlalu sensitif seperti membran yang dimiliki oleh mikrofon condenser.


2. Menghasilkan Suara yang Lebih Detail Dibandingkan Mikrofon Biasa

Dikarenakan mikrofon dengan jenis condenser menangkap suara dengan menggunakan membran, maka nantinya mikrofon satu ini pun dapat menangkap suara dengan lebih jernih dan juga utuh serta detail. Hal ini dikarenakan mikrofon dengan jenis satu ini bisa menangkap suara sekalipun memiliki power yang sangat kecil. Sehingga anda pun tak heran, jika mikrofon jenis condenser ini sering kali digunakan sebagai mikrofon pada studio rekaman, salah satunya untuk merekam suara vokal.


Berbeda dengan mic condenser terbaik, karena mikrofon standar menggunakan kumparan untuk menangkap suara maka nantinya tidak bisa menghasilkan suara yang lebih detail dibandingkan dengan mikrofon condenser. Untuk itu, mikrofon satu ini dapat berfungsi untuk menangkap suara yang memiliki power yang besar. Contohnya saja, seperti suara gitar dan suara drum. Untuk menangkap suara yang maksimal tersebut, maka biasanya mic ini akan diletakkan di ujung dan menghadap sumber suara.


Setelah mengetahui kelebihan dari mickrofon condenser ini, maka ketika anda ingin untuk merekam sesuatu alangkah lebih baik jika anda menggunakan jenis mic satu ini. Hal ini dikarenakan mic dengan jenis condenser dapat menangkap suara bahkan hingga yang memiliki power kecil. Sehingga tak heran bahwa streamer memakai jenis mic satu ini untuk rekaman. Untuk anda yang ingin untuk membeli mic satu ini, maka anda pun bisa melihatnya di website goshen.co.id untuk keterangan lebih lanjut. 

Baca Juga : 

https://projects.co.id/public/browse_users/view/92f21c/nashiruddinabya

https://ngilmu.puzl.com/_news/Perbedaan-Mixer-Audio-Analog-Vs-Digital/238266


soundsystem

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group