jasaseohandal

Pengertian Dan Penyebab Sengketa

Monday, 11th February 2019 (all day)

This event is in the past.

Pengertian  Dan Penyebab Sengketa

Sengketa atau di dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah ‘dispute’ adalah pertentangan – pertentangan atau konflik yang sedang terjadi diantara individu – individu tertentu atau dalam kelompok – kelompok bersangkutan yang memiliki hubungan terhadap sebuah kepentingan yang sejenis terhadap sebuah objek kepemilikan yang dapat memicu munculnya sebuah akibat hukum antara satu dengan yang lainnya.

Sengketa kemungkinan besar dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja, dimana diketahui bahwa sengketa bisa bersifat umum / ‘publik’ maupun memiliki sifat keperdataan dan bisa terjadi dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. Sengketa bisa terjadi diantara individu – individu dengan kelompok, diantara kelompok satu dengan kelompok yang lainnya atau dalam sebuah perusahaan dengan perusahaan lain dan antar negara satu dengan negara yang lainnya, dan lain sebagainya.

Nah berikut ini kami berikan beberapa pengertian tentang sengketa dari beberapa sumber buku antara lain :

Menurut penjelasan dari Chomzah (2003 : 14), pengertian sengketa adalah adanya pertentangan diantara 2 pihak atau lebih dimana awal pertentangan ini terjadi karena antara 2 pihak / lebih pada awalnya berpersepsi berbeda – beda tentang sebuah kepentingan atau hak milik yang bisa menimbulkan akibat hukum terhadap keduanya. 

Sedangkan menurut Amriani (2012 : 12), sengketa adalah tentang sebuah situasi dimana terdapat pihak – pihak yang merasa dirugikan oleh pihak – pihak lainnya yang selanjutnya pihak – pihak tersebut akan menyampaikan rasa ketidakpuasan kepada pihak kedua. Apabila situasi memperlihatkan adanya perbedaan – perbedaan pendapat, maka akan terjadi sengketa.

Menurut Rahmadi (2011 : 1), menjelaskan bahwa konflik atau sengketa adalah situasi dan sebuah kondisi dimana masing – masing orang akan saling mengalami perselisihan yang memiliki sifat faktual atau perselisihan yang mencakup terhadap persepsi mereka saja.

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group