jasaseohandal

Pengertian Dan Contoh Himpunan

Wednesday, 6th February 2019 (all day)

This event is in the past.

Pengertian Dan Contoh Himpunan

Sebelum memahami himpunan lebih jauh, kita perlu untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Perlu kita ketahui bahwa himpunan merupakan sekelompok ataupun kumpulan dari benda atau objek, dimana anggota yang termasuk didalamnya dapat didefinisikan atau ditentukan secara jelas. Anggota dari benda ataupun objek perlu didefiniskan dengan jelas agar dapat dibedakan antar benda / objek yang termuat atau tidak termuat dalam himpunan tersebut, sehingga memiliki nilai kebenaran yang pasti diyakini benar atau salahnya dan bukan dinilai secara relatif. Setelah kita mengetahui pengertiannya, jadi kita bisa mengetahui mana yang termasuk dari objek dalam anggota himpunan dan objek yang bukan dalam anggota himpunan. Agar dapat lebih memahami himpunan, kita lihat contohnya terlebih dahulu:

Penjelasan contoh himpunan

1)      Kumpulan sawi, bayam hijau, bayam merah, kangkung

Kumpulan ini bisa termasuk kedalam himpunan, karena dapat didefinisikan dengan jelas yaitu himpunan sayur-sayuran.

2)      Kumpulan motor, mobil, bis, kereta, sepeda

Kumpulan ini dapat termasuk kedalam himpunan, karena dapat didefinisikan dengan jelas yaitu himpunan kendaraan darat.

3)      Kumpulan jus, susu, teh, kopi

Kumpulan ini juga termasuk kedalam himpunan , karena dapat didefinisikan dengan jelas yaitu himpunan minuman.

Penjelasan contoh bukan himpunan

a)      Kumpulan perempuan cantik

Kumpulan ini  tidak bisa termasuk kedalam himpunan, karena perempuan yang cantik ini dinilai relatif bagi orang-orang. Belum tentu 1 perempuan yang ditentukan , dapat dinilai cantik oleh semua orang, sehingga tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

b)      Kumpulan minuman enak

Kumpulan ini tidak dapat termasuk kedalam himpunan, karena minuman dengan rasa yang enak dinilai relatif bagi orang-orang. Belum tentu 1 minuman yang ditentukan , dapat dinilai enak bagi semua orang. Sehingga tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

c)      Kumpulan tas mahal

Kumpulan ini tidak bisa pula termasuk kedalam himpunan, karena tas dengan harga yang mahal dinilai relatif bagi orang-orang. Belum tentu 1 tas yang ditentukan , dapat dinilai mahal bagi semua orang. Sehingga tidak dapat didefinisikan dengan jelas.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh himpunan, semoga bagi anda yang telah membacanya agar dapat lebih memahami mengenai himpunan dan dapat bermanfaat bagi sesama J
 

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group