jasaseohandal

Fungsi Utama RNA (Asam Ribonukleat)

Thursday, 31st January 2019 (all day)

This event is in the past.

Fungsi Utama RNA (Asam Ribonukleat)

RNA (asam ribonukleat) adalah molekul polimer yang memiliki peran penting dalam proses sintesis protein. RNA tersusun dari satu buah gugusan basa, satu buah gugusan gula ribosa dan satu buah gugusan fosfat. RNA berbentuk rantai tunggal dan tidak berpilin, berbeda dengan DNA yang merupakan rantai ganda dan berbentuk heliks.

Berbeda dengan DNA, basa nitrogen pirimidin RNA terdiri dari sitosin dan urasil, dimana pada DNA terdiri dari sitosin dan timin. RNA berada di dalam nukleus, seperti DNA, dan juga di dalam sel sitoplasma. Dibandingkan dengan DNA, RNA memiliki lebih banyak jenis seperti: mRNA, rRNA, dan tRNA. Berikut dibahas satu per satu fungsi dari masing-masing jenis RNA.

mRNA (messenger RNA) atau bisa juga disebut dengan dRNA merupakan RNA yang berfungsi untuk membawa kode genetik dari DNA meuju ribosom. mRNA disintesis oleh DNA yang berada di dalam nukelus. tRNA (transfer RNA) merupakan RNA yang berfungsi untuk menerjemahkan kodon / kode genetik yang dibawa oleh mRNA. Selain itu, tRNA juga berfungsi untuk mengikat asam-asam amino di dalam sitoplasma, menyusunnya, dan membawanya ke ribosom. Bagian tersebut kemudian akan dihubungkan dengan kodon dan disebut anti-kodon. Terakhir adalah rRNA (ribosom RNA) yaitu, RNA yang berfungsi untuk membentuk struktur ribosom yang akan mengkoordinasikan pemasangan molekul tRNA dengan seri kodon yang dibawa oleh mRNA. rRNA merupakan jenis RNA yang terbanyak, hingga mencapai 80% dari jumlah keseluruhan RNA.

Ketiga jenis RNA tersebut – mRNA,  tRNA, dan rRNA – merupakan contoh dari RNA non-genetik, yaitu RNA yang tidak berperan sebagai pembawa keterangan genetik. Berlawanan dengan RNA non-genetik, terdapat juga RNA genetik. RNA genetik memiliki fungsi yang sama dengan DNA yaitu membawa keterangan genetik. RNA genetik hanya ditemukan pada makhluk hidup yang tidak memiliki DNA – seperti virus – sementara RNA non-genetik dapat ditemukan pada makhluk hidup yang memiliki DNA.

Baca Juga :
- Pengertian RNA
- Jenis RNA

Secara keseluruhan, fungsi utama RNA adalah membuat sel dengan kode genetik yang sama dengan sel sebelumnya. RNA genetik juga dapat berperan sebagai pembawa kode genetik dan berperan dalam proses pertumbuhan virus. 

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group