jasaseohandal

Cara Budidaya Tanaman Melon

Wednesday, 30th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Cara Budidaya Tanaman Melon

Buah melon adalah buah berbentuk bulat dan berwarna hijau yang masih satu keluarga dengan semangka. Tidak kalah dari saudaranya, buah melon juga memiliki banyak peminat di masyarakat. Hal ini menjadikan budidaya melon salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Sebelum melihat lebih jauh tentang bagaimana budidaya melon, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa kebutuhan ideal untuk budidaya melon.

Pertama, tempat budidaya melon yang ideal adalah di dataran tinggi sekitar 250-700 m dpl. Apabila kurang dari ketinggian tersebut, buah yang dihasilkan cenderung lebih kecil meskipun tetap menghasilkan buat yang baik. Selain itu, melon juga tumbuh dengan baik di area bercurah hujan 1.500-2.500 mm per tahun dan bersuhu sekitar 25-30o C.

Ada dua tahap dalam budidaya melon yaitu pembibitan dan penanaman. Pembibitan kemudian dibagi menjadi beberapa tahap lagi. Tahap pertama yaitu perendaman benih. Perendaman benih dilakukan dalam air hangat selama 6-8 jam. Setelah proses perendaman, tebarkan benih di atas kain atau koran basah lalu biarkan benih selama 1-2 hari. Pastikan agar kain atau koran tetap lembab.

Setelah 1-2 hari, siapkan polybag kecil ataupun baki untuk penyemaian dan isi dengan campuran dari tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Tanamkan biji melon sekitar 1-2 cm dalam media tanam tersebut. Pastikan media tanam tetap lembab tetapi tidak terlalu basah, dan lindungi juga dari sinar matahari yang terlalu terik. Setelah sekitar 10-14 hari, benih akan mulai menumbuhkan daun. Inilah tandanya bibit sudah siap ditanam.

Lahan yang diperlukan untuk penanaman melon adalah tanah yang telah dibuatkan bedengan selebar 1-1.2 m dan setinggi 30-50 cm. Bedengan tersebut memiliki panjang sekitar 10-15 m dan berjarak 50-60 cm antar bedengan serta telah diberikan pupuk di atas tanah bedengan. Pupuk yang diberikan ada baiknya untuk diaduk merata dengan tanah bedengan sebelum dibiarkan selama 2-4 hari.

Selanjutnya, bedengan perlu ditutup dengan plastik mulsa berwarna hitam perak dengan warna hitam menghadap tanah dan warna perak ke bagian luar. Buat 2 baris lubang di atas bedengan dan plastik mulsa dengan jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang 50-60 cm. Tunggu selama 2 hari untuk melakukan penanam setelah pemasangan plastik mulsa. Masukkan satu bibit ke satu lubang yang telah disiapkan, lalu tunggu hingga melon siap panen. Pastikan untuk terus merawat dan menyiram tanaman melon yang dibudidayakan.

 

Baca Juga : Macam Kromosom

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group