jasaseohandal

Cara Pendidikan Bagi Orang Tua

Monday, 28th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Belajar adalah proses seumur hidup. Kalimat tersebut rasanya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Banyak yang langsung setuju mendengar pernyataan tersebut, karena dalam hidup pasti selalu ada hal baru yang dapat dipelajari. Lalu bagaimana dengan orang dewasa yang sudah tamat mengenyam bangku Fungsi pendidikan? Tentunya, orang dewasa juga perlu untuk terus belajar.

Proses untuk melibatkan orang dewasa ke dalam suatu pengalaman belajar disebut dengan andragogi. Andragogi berbeda dengan proses pembelajaran untuk anak-anak atau yang juga disebut dengan pendagogi. Apa saja yang membedakan andragogi dan pendagogi?

Andragogi dan pendagogi dibedakan berdasarkan 4 konsep dasar yaitu, konsep diri, pengalaman, kesiapan belajar, dan perspektif. Tentunya keempat konsep tersebut sangat berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa.

Prinsip andragogi yang pertama adalah kaidah pembelajaran. Pada orang dewasa, kaidah pembelajaran yang digunakan adalah perbincangan dalam kumpulan, penyelesaian masalah, dan bertukar pengalaman. Kedua, orang dewasa dapat belajar dengan baik apabila terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Ketiga, topik yang bernilai dan relevan dengan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari menjadi topik yang berkesan untuk orang dewasa. Keempat, orang dewasa dapat belajar dengan baik apabila orang tersebut memiliki motivasi untuk berubah, self-discovered atau self-improvement.

Untuk membantu proses belajar pada orang dewasa, terdapat beberapa pengandaian proses belajar, yaitu yang pertama adalah alasan untuk belajar. Orang dewasa perlu tahu alasan mereka mempelajari sesuatu. Kedua, belajar melalui pengalaman lebih berkesan dibandingkan melalui teori-teori. Ketiga, pembelajaran andragogi perlu berdasarkan pada pemusatan masalah. Hal ini berarti program-program yang dijalankan perlu disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Keempat, orang dewasa belajar lebih bersungguh-sungguh apabila topik yang disampaikan memiliki nilai, sehingga pembelajaran perlu berpusat pada taget pencapaian.

Kelima, kebutuhan untuk memenuhi rasa ingin tahu. Alasan untuk mempelajari sesuatu perlu terlebih dulu diketahui untuk mendorong keinginan belajar. Keenam adalah kebutuhan untuk mennyempurnakan atau mengembangkan diri. Ketujuh, pengalaman sebagai dasar untuk kaidah pembelajaran. Delapan, kesediaan belajar pada orang dewasa perlu dikaitkan dengan realitas kehidupan. Sembilan adalah orientasi pembelajaran yang lebih terfokus pada kehidupan dan yang terakhir adalah peranan motivasi. Motivasi yang dimaksud bukan hanya motivasi eksternal seperti tuntutan, tapi juga motivasi dari dalam seperti peningkatan kualitas hidup. 

Baca Juga : Pendidikan Orang Tua

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group