jasaseohandal

Pengertian Kompetensi Guru

Sunday, 27th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Pengertian Kompetensi Guru

Banyak istilah maupun orang-orang yang berkata kompetensi di bidangnya, dan tentunya kita semua tahu arti dari kata itu adalah unggul di bidangnya. Jika kompetensi guru berararti maknanya unggul dalam profesi sebagai guru. Tapi untuk lebih jelas lagi kita akan menjelaskan pengertian kompetensi.

Kompetensi berasal dari bahasa inggris Competence yang berarti kecakapan. Kompetensi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kewenangan (kekuasaan),  untuk menentukan (memutuskan sesuatu), serapan.  Banyak para ahli mengartikan tentang kompetensi, dan saya akan menuliskan beberap saja disini

Definisi Kompetensi Dari Beberapa Ahli

1 . Kecakapan yang memadai untuk melakukan suatu tugas atau sebagai memiliki keterampilan dan kecakapan yang disyaratkan, kompetensi menurut Suparno.

2 . Kompetensi merupakan daya untuk melakukan suatu tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan, Munandar.

3 . Pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dikuasai seseorang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga dia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor dengan sebaik-baiknya, kompetensi menurut McAshan sebagaimana dikutip oleh Mulyasa.

4 . Kompetensi berarti suatu hal yang menggambarkan kualifikasi atau kemampuan seseorang, baik yang kulitatif maupun kuantitatif, Usman.

5 . Kompetensi merupakan perilaku yang rasional untuk mencaoai tujuan yang di percayakan sesuai dengan kondisi yang diharapkan, menurut Carles sebagaimana dikutip Mulyasa.

6 . Kompetensi merupakan pengetahuan, bakat, nila-nilai, pengarahan, dan karakteristik pribadi lainnya yang mendorong ke arah unggul, McShane dan Glinow.

7 . Pada PP RI No. 74 Tahun 2008, Bab II, pasal 3, Ayat (1) kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Definisi Guru

Guru dari bahasa Sansekerta, tapi secara harfiah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia guru merujuk pada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, melatih, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Berdasarkan pengertian diatas pengertian kompetensi guru adalah seorang pendidik yang memiliki kecakapan, keterampilan, kemampuan, bakat, kemampuan yang dikuasai untuk mendidik peserta didiknya.

Jadi sebagai seorang guru sudah sewajarnya harus memiliki kompetensi sebagai profesinya. Seorang guru bukanlah sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan kreatif dalam mengarahkan perkembangan anak didiknya untuk anggota masyarakat dan calon-calon penerus bangsa. baca Juga : Pengertian Kompetensi Guru

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group