jasaseohandal

Pengertian Kosakata

Thursday, 24th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Pengertian Kosakata - Seaslinya seperti yang terkandung didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari 'kosa kata' adalah 'perbendaharaan kata'. Mudahnya, kosakata merupakan unsur-unsur yang terkandung dalam perbahasaan. Unsur-unsur ini kerap digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang ingin diucap atau diutarakan.

Dengan merujuk definisi yang telah disajikan ini, dapat dikedepankan bahwa 'kosakata' merupakan kumpulan diksi yang perannya digunakan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi menggunakan sarana berbahasa.

Untuk memperoleh pengertian yang lebih luas dan menyeluruh mengenai pembahasan ini maka ada baiknya kita terus membedah diksi yang digunakan sebagai definisi dari 'kosakata' seperti yang dikemukakan oleh KBBI. Sudah dijelaskan diatas bahwa KBBI menerapkan 'perbendaharaan kata' sebagai diksi yang pantas untuk menyandang definisinya. Jika di teliti secara terpisah, maka yang jelas menarik perhatian adalah diksi 'perbendaharaan'. 'Perbendaharaan' juga tentu memiliki pengertiannya sendiri, berikut adalah sejumlah pengertiannya menurut KBBI:

  • Tempat menyimpan harta atau benda (keuangan dan sebagainya).
  • Kekayaan. (contoh: Ilmu adalah kekayaan yang tidak ada habisnya)
  • Kumpulan barang berharga.

Merujuk dari ketiganya--dan dengan diterapkanya kedalam pengertian kosa kata' itu sendiri, maka dapat dengan jelas tergambarkan seperti apa pengertian meluas dari arti 'kosakata' yang mengarah terhadap fungsi, nilai, dan wujudnya.

Benar adanya bahwa 'kosakata' itu memiliki kemiripan dengan 'tempat penyimpanan harta atau benda'. Kemiripan ini dihadirkan dari fungsinya untuk membantu manusia dalam berbahasa. 'Kosakata' merupakan unsur-unsur yang menyimpan makna-makna yang tentu digunakan agar tiap individu atau kelompok yang berkomunikasi dapat melandaskan maksud-maksudnya. 'Kosakata dikemas sebagai alat yang menyimpan arti agar mudah diakses oleh yang lain--dan dengan demikian menyalurkan dan melancarkan komunikasi melalui berbahasa.

'Kekayaan' merupakan artian 'perbendaharaan' yang bersinergi terhadap 'kosakata' melalui nilainya. Kemiripan yang hadir terletak didalam bobotnya--didalam pangkatnya. Kekayaan merujuk kepada harta, yang terus dikumpulkan untuk kemudian dapat mempermudah kehidupan manusia. Begitupun jugalah 'kosakata' hadir didalam kehidupan manusia, 'kosakata' disematkan kedalam keseharian kita untuk mempermudah kita berbahasa. Mereka pun juga dikumpulkan, maka hadirlah kamus-kamus seperti KBBI yang kita gunakan.

Hubungan pengertian ketiga dari perbendaharaan--'kumpulan barang berharga'--merupakan hubungan yang terjalin dari kemiripan wujudnya. 'Kumpulan' melambangkan jumlahnya yang tidak tunggal--tidak hanya satu. Sedangkan 'barang berharga' dijadikan simbolisme yang cocok denganĀ  wujud 'kosakata' yang dipandang memiliki nilai.

Berpikir dengan logika, maka tentu 'perbendaharaan' dapat dijadikan diksi yang dipilih untuk mengartikan 'kosakata' karena ada alasan jelas yang mendukungnya. Dengan memfokuskan korelasi yang hadir diantaranya, maka pengertian 'kosakata' akan dapat dikembangkan menjadi lebih luas. Semoga penjelasan yang sudah disajikan ini dapat berguna dan memberi manfaat.

Baca Juga : Pengertian Makalah

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group