jasaseohandal

Pengertian Norma Adat dan Norma Agama

Tuesday, 15th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Pengertian Norma Adat dan Norma Agama

Kehidupan di masyarakat mengharuskan kita mematuhi seperangkat aturan-aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama. Itulah yang disebut dengan norma.

Atau, dengan kata lain, norma adalah seperangkat ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam masyarakat, ada dua norma yang paling utama yaitu norma adat dan norma agama.

Pengertian Norma Adat dan Norma Agama

Masyarakat Indonesia terbentuk karena adanya keanekaragaman adat-istiadat dan budaya. Oleh karenanya, dalam masyarakat sangatlah diperlukan adanya norma adat.

Apakah pengertian norma adat dalam masyarakat?

Norma adat biasa disebut dengan istilah lain seperti norma kesopanan, norma sopan santun, tata krama atau adat-istiadat. Norma adat adalah ketentuan hidup yang bersumber dari pergaulan antara sesama anggota masyarakat. Norma ini didasarkan pada beberapa hal utama yaitu kebiasaan, kepatuhan, dan kepantasan yang berlaku dalam masyarakat.

Baca Juga :

Sedangkan norma agama adalah ketentuan hidup yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa yang berisi perintah-perintah, ajaran, dan larangan. Norma agama berasal langsung dari wahyu Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki nilai fundamental yang mewarnai berbagai macam norma-norma lainnya seperti norma susila, norma kesopanan, dan norma hukum.

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group