jasaseohandal

Pencegahan Erosi

Thursday, 10th January 2019 (all day)

This event is in the past.

Pencegahan Erosi - 

Seperti yang sudah kami bahas tersebut di atas, pada umumnya erosi memiliki pengaruh buruk sekali terhadap kondisi pertanian dimaksud dimana erosi bersangkutan terjadi. Meskipun terlihat sangat berbahaya, pada kenyataannya erosi bisa dicegah / dikurangi dengan cara – cara sebagai berikut :

1/Melalui pengolahan tanah, areal tanah yang akan diolah adalah dengan menanam tanaman – tanaman tertentu lalu ditata sedemikian menarik dan teratur yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya tingkat erosi yang semakin tinggi.

2/Disarankan untuk melakukan pemasangan tembok dari batu rangka besi, tujuannya adalah mengurangi terjadinya erosi di bagian pinggir sungai sehingga diharapkan mampu mencegah terjadinya erosi lebih parah.

3/Melakukan reboisasi yaitu menanam kembali daerah – daerah tertnetu di hutan gundul.

4/Membangun terasering – terasering atau teras – teras bertingkat dibagian lereng gunung atau tanah – tanah yang miring menjadi area persawahan atau ladang sayur dan tanaman buah merambat.

5/Melakukan sistem ‘tumpang sari’ yaitu dengan cara menanam tanaman secara selang – seling dengan masa panen memiliki waktu yang berbeda – beda.

6/Melakukan ‘counter plowing’ adalah pembajakan dengan tujuan searah area kontur.

7/Membuat pemecah angin dan gelombang misalnya adalah dengan menanam pohon berakar dan batang kokoh.

8/Melakukan penanaman hutan bakau di tepi pantai jika area yang dimaksud belum dimanfaatkan untuk membuat bangunan seperti apa.

9/Mempersiapkan bangunan – bangunan pemecah ombak pada pinggir pantai yang memiliki tebing curam 

Baca Juga :
- Pengertian Erosi
- Pengertian Siklus Karbon
- Cara Budidaya Seledri

Demikianlah penjelasan secara ringkas dari kami tentang Pencegahan Erosi semoga dapat memberikan manfaat besar bagi para pembaca terutama kelompok siswa / wi. Terimakasih. 

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group