jasaseohandal

Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Monday, 31st December 2018 (all day)

This event is in the past.

Morfologi Ubi Jalar

Tanaman Ubi Jalar dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama ‘Sweet Potato’ adalah salah satu tumbuhan yang hanya mampu berkembangbiak semusim saja dimana bagian utama dari tanaman ini adalah batang, umbi, daun, bunga dan buah.

Berikut di bawah ini adalah morfologi dari tanaman Ubi Jalar sebagai berikut :

Batang Pada Tanaman Ubi Jalar

Tanaman Ubi Jalar mempunyai batang yang memiliki bentuk bulat, berbuku – buku dan tak berkayu, dengan sifat pertumbuhan adalah berkembang secara merambat. Rata – rata panjang batang berkisar antara 2 s/d 3 meter. Adapun ukuran batang tanaman Ubi Jalar berbeda – beda tergantung dari jenis / varietas masing – masing tanaman Ubi Jalar contohnya ada Ubi Jalar berbatang besar, sedang atau kecil. Batang memiliki warna hijau tua atau keunguan.

Daun Pada Tanaman Ubi Jalar

Bentuk dari daun pada tanaman Ubi Jalar adalah bulat dan lonjong dengan tepi daun yang rata. Masing – masing daun mempunyai lekukan yang cukup dalam. Warna dari daun Ubi Jalar adalah hijau tua dan kadang – kadang hijau agak kekuningan.

Bunga Pada Tanaman Ubi Jalar

Ubi Jalar mempunyai bunga yang berbentuk mirip terompet mini dengan bunga tersusun atas 5 helai daun mahkota, 1 helai putik dan 4 helai daun bunga. Masing – masing mahkota pada bunga Ubi Jalar memiliki warna putih. Pada waktu pagi hari merupakan waktu tepat untuk bunga – bunga tersebut bermekaran yaitu pada waktu pukul 04.00 hingga jam 11.00. Apabila proses penyerbukan buatan berhasil dilakukan maka bunga – bunga ini akan membentuk buah.

Buah Tanaman Ubi Jalar

Ubi Jalar mempunyai buah yang memiliki bentuk bulat berkotak tiga dengan kulit luar yang agak keras serta berbiji. Buah terjadi apabila terjadi proses penyerbukan terhadap bunga dari tanaman Ubi Jalar ini.

Umbi Tanaman Ubi Jalar

Bentuk dari umbi tanaman Ubi Jalar ini adalah bulat tak beraturan dan kadang – kadang berbentuk lonjong. Berat rata – rata sebutir umbi Ubi Jalar adalah kisaran antara 200 s/d 300 gram per umbi. Umbi Ubi Jalar memiliki warna yang berbeda – beda yaitu ada yang berwarna putih, kuning, bahkan ungu yang dikenal sebagai umbi yang memiliki kulit sangat tipis.

Baca Juga :
- Pengertian Zakat
- Hama Tanaman Bayam
- Morfologi Tanaman Garut

Demikian kami mengulas artikel tersebut di atas dengan judul morfologi tanaman Ubi Jalar, semoga dapat memberikan wawasan dan bermanfaat !

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group