jasaseohandal

Morfologi Tanaman Sawo

Saturday, 15th December 2018 (all day)

This event is in the past.

Kondisi Pohon

Tanaman Sawo memiliki bentuk bulat yang tahan hidup hingga ratusan tahun. Memiliki kandungan ‘latex’ dalam jumlah yang cukup tinggi dan bermanfaat sebagai salah satu bahan untuk membuat / mencampur permen karet. Dedaunan yang rimbun menempel lebat dan rindang sehingga bagus dimanfaatkan sebagai perindang pekarangan rumah.

Kondisi Batang

Kayu tanaman Sawo berbatang keras dan sangat kuat. Berbentuk bulat berkerak terutama ketika sedang terjadi pergantian kulit batang. Rata – rata arah dari pertumbuhan batang Sawo adalah lurus ke atas dimana semakin dewasa usia pohon maka batang dan cabang semakin menjauhi permukaan tanah.

Kondisi Akar

Tanaman Sawo termasuk ke dalam jenis tanaman yang berakar tunggang. Akar berbentuk mengerucut dengan pertumbuhan pohon rata – rata tegak lurus menancap dengan kuat ke dalam tanah. Pada akar Sawo utama dikelilingi oleh akar serabut yang berfungsi untuk menghisap nutrisi dan air yang tersimpan di dalam tanah.

Kondisi Daun

Daun dari tanaman Sawo tergolong ke dalam kelompok tak lengkap karena daun Sawo hanya memiliki tangkai dan daun saja. Pangkal daun berbentuk meruncing dengan ujung daun berbentuk tumpul. Tulang – tulang daun menyirip dan memiliki sedikit bulu. Ketika daun – daun tersebut masih berusia belia, memiliki dominan warna adalah hijau, dan akan berubah menjadi hijau kecokelatan mengkilap saat daun – daun sudah mulai menua. Panjang daun kisaran ukuran rata – rata 14 Cm dengan lebar dapat mencapai ukuran 5 Cm.

Kondisi Bunga

Buah Sawo mampu berbunga sepanjang tahun. Biasa muncul pada area pertemuan antara cabang ranting dengan panjang sekitar 2 Cm. Bunga tanaman Sawo rata – rata memiliki diameter berukuran 1,5 Cm bersifat menggantung dimana kondisi bunga dikelilingi oleh kelopak bunga di dalamnya.

Kondisi Biji

Biji – biji tanaman Sawo dilapisi oleh daging buah yang tebal dimana dalam sebutir Sawo terdiri dari 5 biji berbentuk lonjong dan berwarna hitam mengkilat, keras, dan pipih. Biji buah memiliki 2 lapisan yaitu lapisan luar berwarna hitam mengkilatsedangkan lapisan bagian dalam berwarna putih.

Kondisi Buah

Buah Sawo memiliki bentuk oval atau oval lonjong dan mempunyai kulit bersifat halus dan ada juga yang kasar, berwarna cokelat muda ketika masih mentah dan berubah warna menjadi cokelat tua ketika buah sudah matang / ranum. Ukuran buah Sawo tergantung jenis / varietas dan perawatan yang dilakukan. Daging buah tebal dengan ukuran rata – rata 4 mm, berair dan rasanya manis dengan diameter sekitar 7 Cm.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang morfologi tanaman Sawo, semoga bermanfaat !

Comments

Who's coming? See all

No responses yet.

Export to your calendar


jasaseohandal

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group