Alat Ukur Kelembaban Udara Menggunakan Data Logger Suhu

Dalam bidang industri atau pabrik seringkali kita mendapatkan ruangan yang memiliki suhu serta kelembaban yang berbeda. Biasanya disebabkan oleh ruangan berbeda dalam menyimpan benda yang sensitive terhadap pengaruh suhu seperti makanan, obat-obatan, bubuk, dan lainnya. Hampir semua pabrikan menganggap data logger merupakan sebuah perangkat yang berdiri sendiri (stand alone device) yang dapat membaca berbagai macam tipe sinyal elektronika dan menyimpan data di dalam memori internal untuk kemudian di-download ke sebuah komputer. Logging data ini berproses otomatis untuk pengumpulan dan perekaman data dari sensor tujuan pengarsipan atau tujuan analisis. Sensor digunakan untuk mengkonversi besaran fisik menjadi sinyal listrik yang dapat diukur secara otomatis dan akhirnya dikirimkan ke komputer atau mikroprosesor untuk pengolahan. Salah satu keuntungan menggunakan data logger suhu adalah kemampuannya secara otomatis untuk memonitor suhu dan kelembaban udara setiap 24 jam. Setelah diaktifkan data logger akan melakukan proses intrupsi menggunakan sensor untuk mengukur dan merekam suhu udara selama periode pemantauan.

Dalam melakukan monitoring suhu ruangan ini biasanya alat ini digunakan sebagai cek temperature atau suhu di ruangan yang di kirimkan ke sebuah perangkat elektronik melalui media transmisi. Alat ini berukuran kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, dilengkapi memori internal dengan tujuan untuk menyimpan data dari sensor. Biasanya beberapa data logger suhu sudah terintegrasi dengan system komputer yang dilengkapi software untuk meneliti data terkumpul. Beberapa data logger suhu diantarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan data logger suhu melihat dan menganalisis data yang terkumpul, sementara yang lain memiliki peralatan antarmuka sendiri.

Prinsip kerja data logger suhu yaitu sensor akan mendeteksi pergantian suhu pada suatu ruangan setelah itu pergantian tersebut akan diganti menjadi sinyal listrik yang sudah diukur secara otomatis. Data logger suhu memonitor serta merekan suhu full selama 24 jam non stop. Data logger akan menyimpan hasil pemantauan atau monitoring ke dalam memory. Data logger suhu bisa dipakai buat memantau pergantian suhu dalam ruangan baik ruangan biasa ataupun ruangan khusus. Bukan itu saja, data logger ini juga memantau suhu diluar ruangan dan juga bisa dipakai untuk pengarsipan atau Analisa data. Sistem data logger suhu dilengkapi fitur tambahan yang dapat melakukan perhitungan waktu, alarm dan controlling. Sistem data logger suhu berbasis computer memberikan data dalam format grafis, sehingga operator dapat memantau perkembangan suhu di suatu wilayah atau tempat dengan mudah.

Data logger suhu mempunyai display LCD dan dapat digunakan untuk melihat suhu secara langsung. Tentu saja, data logger suhu akan menampikan data berupa waktu, suhu dan kelembaban secara real-time. Data logger juga mempunyai ukuran yang kecil sehingga praktis dan dapat digunakan dimana saja serta data logger dilengkapi dengan baterai akaline yang dapat bertahan hingga satu tahun dengan logging interval selama satu menit. Data yang telah direkam dapat tersimpan dan disalin kedalam PC / komputer untuk diolah atau dapat dilihat secara langsung. Cara kerja dari data logger suhu adalah sensor akan mendeteksi perubahan panas dingun suatu ruangan kemudian perubahan tersebut akan diubah menjadi sinyal listrik yang telah diukur secara otomatis. Setelah itu sinyal listrik akan dikirimkan ke mikroprosessor pada data logger untuk diolah menjadi data (dalam bentuk log).


Alat Kesehatan Saka

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group