Yellow Pages

Obat Herbal Asam Urat

Obat herbal Asam Urat - Dengan bertambahnya tuntutan hidup, beban pekerjaan, serta perubahan lingkungan di seputar, mengakibatkan gaya hidup dan pola makan orang banyak ikut-ikut berubah. Dan seringkali perubahan gaya hidup ini membuat kita tidak perduli dengan kesehatan tubuh kita sendiri dan akhirnya memunculkan penyakit. Salah satu penyakit yang di alami oleh seseorang akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat ialah penyakit asam urat.

Sebetulnya, penyakit asam urat itu tidak berbahaya, namun jika didalam tubuh terjadi penumpukan asam urat maka akan mengakibatkan munculnya hyperuricemia, yakni suatu keadaan yang dimana asam urat tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh (sekresi).

Asam urat yang tidak dapat keluar dari dalam tubuh biasanya akan tertumpuk di bagian persendian, terutama pada sendi kaki dan jari kaki, yang selanjutnya akan membentuk kristal dan pada akhirnya mengakibatkan terjadinya penyakit asam urat.

Biasanya penyakit asam urat yang terjadi berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Dan kemungkinan pada serangan selanjutnya baru akan terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun. Apabila penyakit asam urat ini tidak dengan secepatnya di atasi, maka serangan asam urat tersebut akan semakin kerap terjadi, dan bisa menjadi lebih parah lagi dan merusak sendi secara abadi (permanen).

Gejala Seperti Apa Yang Muncul dari Penyakit Asam Urat?

Biasanya pengidap penyakit asam urat ini mengalami gejala seperti : Merasakan ngilu pada sendi, yang biasa terjadi pada malam atau pagi hari ketika bangun tidur. Terjadi radang dan terkadang bengkak yang berwarna kemerahan. Dan bagian sendi yang umumnya di serang yakni jari kaki, jari tangan, pergelangan tangan, siku dan dengkul.

Jika Anda mulai merasakan gejala seperti diatas, maka segeralah memeriksakan diri Anda pada dokter.

Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat

Terlalu banyak mengkonsumsi zat purin di sinyalir menjadi penyebab yang bisa merangsang timbulnya penyakit asam urat. Zat purin yang berlebih dalam tubuh akan di ubah menjadi asam urat. Sehingga kerja ginjal akan terganggu dan akan kesulitan untuk membuang kadar zat purin yang berlebih tersebut. Dampaknya kristal-kristal asam urat tersebut akan menumpuk di bagian persendian yang bisa menyebabkan sendi berasa nyeri, radang dan bahkan bengkak.

Untuk mengobati penyakit asam urat secara alami, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa macam tanaman tradisional berkhasiat yang di uraikan dibawah ini, di antaranya :

§     Jahe

Jahe yang biasanya kerap di manfaatkan oleh para ibu rumah tangga sebagai bahan tambahan bumbu olahan masakan, jahe ini juga sering kali dijadikan sebagai minuman penghangat badan. Dan rupanya manfaat jahe tidak hanya sampai disitu saja. Melainkan jahe ini juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan beragam jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit asam urat. Sebab, jahe ini mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi yang bermanfaat dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan akibat penyakit asam urat. Untuk mengobati penyakit asam urat menggunakan jahe, banyak cara yang bisa dilakukan antara lain : dengan membuat wedang jahe, dan mengkonsumsinya paling tidak 1x dalam sehari. Selain itu, Anda dapat pula menambahkan jahe kedalam olahan makanan Anda. Cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan menjadikan rimpang jahe ini sebagai pasta. Lembutkan jahe dan campurkan sedikit air kemudian oleskan pada bagian yang terserang oleh asam urat, dan diamkan selama ½ jam. Lakukan cara ini 1x sehari.

§     Ceri

Ceri tidak hanya bermanfaat sebagai buah konsumsi saja, buah ini juga banyak di manfaatkan sebagai hiasan untuk bermacam-macam kue ataupun olahan boga lainnya. Dan selain buah ceri ini mempunyai rasa yang lezat untuk dimakan, buah ini juga mempunyai kandungan yang melimpah yang sangat berguna untuk kesehatan. Terutama untuk pengobatan penyakit, seperti asam urat.

Ceri ini di percayai sebagai buah yang mampu membuang racun dari dalam tubuh dan berguna untuk membantu membersihkan ginjal.

Buah ceri baik yang rasanya manis atau asam, juga di percayai sangat membantu untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat, dikarenakan buah ini bersifat sebagai antioksidan, dan mengandung anthocyanin yang mampu meringankan peradangan dan meminimalkan asam urat kembali kumat. Untuk mendapatkan khasiat dari buah ini, Anda bisa mengkonsumsi buah ceri ini secara langsung atau dijadikan jus terlebih dulu.

§     Kumis Kucing

Kumis kucing adalah suatu jenis tanaman tradisional yang sudah banyak di manfaatkan sebagai bahan untuk membantu mengobati beragam jenis penyakit. Yang mana tanaman ini berperan sebagai obat diuretik dan anti-bakteri.

Orthosiphon aristatus mempunyai beragam jenis senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan. Salah satunya ialah orthosiphonin glikosida, yang merupakan senyawa kimia yang bekerja untuk melarutkan asam urat. Maka dari itu, tak heran apabila pengidap penyakit asam urat banyak yang menggunakan tanaman kumis kucing ini sebagai obat tradisional.

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing Untuk Obat Asam Urat

-          Siapkan 10 s-d 15 helai daun kumis kucing.

-          Cuci bersih semua daun kumis kucing.

-          Rebus dengan 500 ml air.

-          Tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa hanya 250 ml.

-          Saring dan dinginkan air rebusan.

-          Air rebusan sudah siap diminum, (diminum 3x sehari).

§     Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu daun herbal yang memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Salah satu daun yang banyak di tanam di Amerika dan Asia Tenggara ini mempunyai kandungan anti-kanker dan anti-inflamasi sehingga bagus untuk membantu mengobati penyakit dalam, seperti penyakit asam urat ini salah satunya. Hal ini dikarenakan didalam daun sirsak ini terkandung acetogenin yang terdiri dari bulatacin, asimisin, serta squamosin yang bertugas untuk memerangi sel penyakit.

Bagi Anda yang ingin mengobati penyakit asam urat dengan daun sirsak ini, Anda bisa mengambil khasiatnya dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang dibuat sendiri, atau dengan mengkonsumsi daun sirsak yang sudah di ekstrak menjadi obat herbal.

Langkah Membuat Air Rebusan Daun Sirsak

-          Ambil daun sirsak segar yang sudah tua sebanyak 10 helai.

-          Cuci semua daun sirsak hingga bersih.

-          Lalu semua daun sirsak direbus dengan 3 gelas air.

-          Tunggu airnya mendidih dan tinggal 1 gelas.

-          Saring dan dinginkan air rebusan.

-          Air rebusan daun sirsak sudah siap diminum.

§     Sambiloto

Sambiloto yang mempunyai nama latin Andrographis panniculata merupakan tanaman tradisional asli asal India. Pada beberapa daerah di Indonesia daun sambiloto ini dikenal dengan banyak sebutan diantaranya papaitan, bidara, ki peurat, kayu mas, ki pait, lang, sampiroto atau juga ki oray. Yang mana dibagian daun sambiloto ini terkandung beberapa senyawa berkhasiat seperti flavonoid, keton, alkane, aldehid serta beberapa mineral seperti kalium, kalsium dan natrium.

Sambiloto ini memang terkenal sebagai tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit, tapi dibalik rasanya yang pahit itu tanaman sambiloto ini juga dikenal dengan anti-radang, penghilang nyeri / analgetik serta penawar racun. Dan semua bagian dari tanaman tradisional ini dapat di manfaatkan sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat.

Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Sambiloto

Bahan-bahan yang perlu di persiapkan, antara lain :

-          10 gram daun sambiloto.

-          10 gram rimpang temulawak.

-          1 gram lada.

-          Cuci semua bahan sampai bersih.

-          Rebus semua bahan menggunakan air sebanyak 5 gelas.

-          Tunggu airnya mendidih dan tersisa hanya 3 gelas.
 

-          Minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari, pada pagi, siang, dan malam hari menjelang tidur dengan takaran masing-masing 1 gelas.

Diatas itu merupakan beberapa macam tanaman tradisional yang bisa Anda pilih salah satu sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat..

Semoga dengan kehadirannya artikel ini dapat membantu para pengidap penyakit asam urat untuk segera sembuh. Aamiin


 

HOTLINE INFO :


Wongso Yudi Dharma

08117231093


Yellow Pages

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group