Souvenir Pernikahan Murah

Potensi UMKM untuk

Potensi UMKM untuk "Go International" Tinggi-Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 57,9 juta. Dari jumlah tersebut tidak semuanya terakses internet. Karena itu mereka kerap terkendala masalah pemasaran.

“Populasi UMKM di Indonesia 57,9 juta. Potensi yang bisa go international banyak. Tapi masalahnya, belum semua tersentuh IT,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, I Wayan Dipta di Bandung, Minggu (5/6/2016).

Karena belum tersentuh internet Aplikasi UMKM dan Sarana Pendamping UMKM Konektifa, banyak produk bagus di pelosok yang tidak muncul ke permukaan. Untuk itu, pihaknya bersama PT Pos Indonesia bekerjasama dalam menyiapkan rumusan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pemasaran dan jaringan usaha UKM.

“Jaringan PT Pos Indonesia mencapai 4.300 outlet dan 38.000 agen di Indonesia. Dengan jaringan luas ini, diharapkan semakin banyak UMKM yang bisa diangkat. Karena potensinya yang belum tersentuh e-market place sangat besar,” tuturnya.

Produk-produk yang menjadi unggulan hingga kini masih fashion dan kerajinan seperti anyaman, alas sepatu, tenun, dan kerajinan dari kayu. Pangsa pasarnya ke negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan negara-negara di Asia.

“Selain fashion dan kerajinan ada produk lain yang disukai orang luar, seperti kopi. di Korea, kopi Indonesia laku luar biasa, karena mereka tidak memproduksi kopi tapi pecinta kopi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sektor UMKM di Indonesia Sangat Besar Tetapi Terpinggirkan untuk mendorong go online, pihaknya tahun ini memfasilitasi 1.300 UMKM go global. Caranya dengan membantu pembuatan sertifikat Halal MUI, merk, hak cipta, SNI, dan lainnya.

Sementara itu, Direktur Surat dan Paket PT Pos Indonesia, Agus F Handoyo mengungkapkan, kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman.

Melalui MoU ini, Pos Indonesia berkomitmen mengembangkan UKM melalui beberapa hal. Yaitu memberi dukungan pembiayaan kepada pihak pertama untuk menyelenggarakan forum UMKM yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM di lokasi yang disepakati.

Lalu menyediakan space di kantor pos UMKM corner, menyediakan gasilitas produk khusus bagi UMKM untuk pengiriman dokumen dan barang baik domestik maupun internasonal.

“Kesepahaman ini diharapkan dapat memfasilitasi UKM untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bisnis, meningkatkan akses pasar baik domestik maupun internasional, serta untuk distribusi produk UKM,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pun dilakukan peluncuran aplikasi Pelaku UMKM Muda Lebih Sadar akan Manajemen yang Baik. Web Galeri UKM ini dinilai akan membantu para UKM mengembangkan bisnis dan jaringannya. 

https://web.facebook.com/wibialwi.suryakuncoro/posts/1418278081566535


Souvenir Pernikahan Murah

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group