Group Info

Apa Itu Gerinda Tangan

Mesin Gerinda (Grinder) adalah power tool multifungsi yang cukup penting. Mesin gerinda tangan adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda tangan adalah batu gerinda tangan berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan. Gerinda tangan memiliki banyak fungsi, untuk memotong besi/keramik,mengamplas, mengikis besi, bahkan untuk memoles. Jika kamu berencana untuk membeli gerinda tangan pertamamu, saya sarankan untuk membeli gerinda tangan dengan merek yang ternama seperti RYU walaupun dengan harga lebih mahal tentunya. Alasan untuk tidak membeli gerinda tangan murahan adalah getaran yang dihasilkan cukup besar dan mudah panas setelah beberapa lama digunakan yang menyebabkan penggunaan listrik yang lebih boros.

Gerinda tangan atau disebut juga angle grinder adalah peralatan listrik multi fungsi yang merupakan peralatan wajib dimiliki setiap bengkel. Gerinda tangan banyak digunakan untuk memotong, mengikis atau memoles logam, keramik, kayu, ataupun batu. Gerinda tangan dijual dengan berbagai merk, mulai dari merk biasa sampai merk terkenal. Harganya juga bervariasi, gerinda dengan merk terkenal pasti dijual dengan harga yang lebih mahal. Kelebihan menggunakan gerinda tangan dengan merk yang terkenal antara lain suaranya lebih halus dan tidak mudah panas.

Fungsi umum mesin gerinda tangan :
 

  1. Memotong benda kerja yang tidak terlalu tebal.
  2. Membentuk profil seperti sudut atau lengkungan pada benda kerja
  3. Menghaluskan dan meratakan permukaan benda kerja.
  4. Mengasah alat potong supaya tetap tajam.
  5. Menghaluskan atau menghilangkan sisi tajam pada benda kerja.
  6. Sebagai proses jadi akhir (finishing) pada benda kerja.

Penggerindaan dilakukan untuk mendapatkan ukuran yang sangat presisi dan menghasilkan permukaan yang lebih baik. Biasanya permukaan yang sudah digerinda akan terlihat halus dan mengkilap.

Tingkat kepresisian proses gerinda bisa mencapai 0,000025 mm. Dengan demikian mesin gerinda tangan dapat mengurangi permukaan yang sangat sedikit.

Agar bisa memilih mesin gerinda tangan untuk suatu pekerjaan, operator hendaknya mengetahui apa saja jenis-jenis mesin gerinda tangan yang dijual di https://ryupowertools.com/. Sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi efektif dan mendapatkan hasil sesuai yang dibutuhkan.

Dalam praktek menggunakan gerinda tangan yang aman dan selamat, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari kecelakaan, yaitu:

* Cabut kabel ketika akan mengganti mata gerinda
* Untuk mengganti mata gerinda harus menggunakan kunci standar yang sudah disediakan
* Perhatikan RPM mata gerinda tangan harus lebih besar dari RPM gerinda itu sendiri
* Mata gerinda tangan untuk memotong ( cutting ) tidak boleh digunakan untuk grinding ( amplas )
* Sesuaikan penekanan dengan jenis mata gerinda tangan, jangan terlalu kuat saat menekan
* Kapan gerinda harus diganti ?
* Arahkan percikan mengarah ke bawah
* Singkirkan material yang mudah terbakar pada kegiatan gerinda tangan
* Informasi agar orang-orang di sekitar tidak mendekat

Cara Memasang Mata Gerinda Tangan:

Sebelum memasang, pastikan steker/colokan gerinda tangan tidak terhubung dengan stop kontak untuk mengindari hal yang tidak diinginkan. Cara pemasangan dan penggunaan gerinda tangan kemungkinan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya, untuk lebih jelasnya bacalah buku manual penggunaan yang didapatkan saat membeli gerinda tangan. Pastikan gunakan kacamata dan perlengkapan pengaman lainnya saat menggunakan gerinda. Proses grinding atau menggerinda merupakan proses pemotongan logam namun dalam volume yang kecil. Mesin yang digunakan dalam proses ini disebut mesin gerinda tangan. Mesin ini menggunakan roda abrasif sebagai pemotongnya.
 


Group Info

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group