Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran

Media Pembelajaran Sekolah

Ada banyak faktor yang menjadi penunjang kesuksesan pendidikan. Sekolah sebagai salah satu tempat implementasi sistem pendidikan di Indonesia, membutuhkan sumber daya hingga media pembelajaran terbaik untuk mendukung kelancaran proses belajar. Jika selama ini sekolah-sekolah hanya fokus pada media pembelajaran, maka fungsi dan manfaat media pembelajaran juga harus diketahui sehingga pemenuhannya dalam proporsi ideal dengan media pembelajaran.


Apa itu Media Pembelajaran?


Ada banyak pengertian mengenai media pembelajaran ini. Namun dari banyak pengertian tersebut mengerucut pada satu hal yang sama yakni kebutuhan media pembelajaran dimaksudkan untuk menunjang proses pendidikan dalam hal ini di sekolah. Untuk membantu kelancaran pendidikan ini, maka sebuah media atau alat pendidikan diperlukan. Sehingga target pemahaman siswa dari bahan materi yang diajarkan di dalam kelas-kelas dapat tercapai.

Hanya saja, selama ini media pembelajaran dianggap sama saja dengan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada pemenuhannya yang tidak ideal di sekolah. Saat media pembelajaran ini dipenuhi seratus persen, tidak demikian dengan media pembelajaran. Padahal fungsi dan manfaat media pembelajaran ini sama pentingnya dengan pengadaan media belajar itu sendiri. Akibatnya tentu saja terjadi ketimpangan sistem pendidikan di sekolah yang berdampak pada siswa, guru hingga kelancaran proses belajar itu sendiri.



Fungsi Media Pembelajaran


Ada banyak pendapat mengenai fungsi dari media pembelajaran ini. Beberapa ahli pendidikan menyatakan jika fungsi media pembelajaran ini sebagai instrumen instruksi. Mengingat media pembelajaran berisi informasi yang nantinya akan diserap oleh siswa dalam benaknya. Namun ada pula yang menyatakan jika fungsi media pembelajaran ini sebagai penarik minat siswa mengingat bentuknya yang berisi gambar-gambar hingga data yang membuat siswa penasaran.

Media Pendidikan Sekolah SIDIA

Pada dasarnya media pembelajaran dibuat dengan tiga fungsi utama. Fungsi pertama sebagai motivator. Untuk memotivasi minat dan tindakan. Fungsi kedua adalah menyajikan informasi dan fungsi ketiga untuk memberi instruksi. Atas dasar ketiga fungsi inilah, penggunaan media pembelajaran di sekolah bukan lagi sekedar anjuran melainkan kebutuhan. Sesuai dengan peraturan pendidikan yang mengharuskan sekolah-sekolah dilengkapi dengan media pembelajaran.



Manfaat Media Pembelajaran


Mengacu pada tiga fungsi utama dari media pembelajaran, maka dapat diambil kesimpulan manfaat yang diberikan. Manfaat media pembelajaran diantaranya membantu siswa untuk belajar lebih mudah, baik di sekolah atau di rumah. media pembelajaran juga bermanfaat untuk menarik perhatian siswa hingga memberikan pengalaman nyata yang tidak dapat dilakukan oleh fungsi dan manfaat media pembelajaran yang banyak digunakan.

Media Pembelajaran dan Edukasi Anak Sekolah


Lebih utama dari manfaat media pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman nyata yang tidak bisa didapatkan dari buku matapelajaran yang dimiliki siswa. Namun integrasi antara fungsi dan manfaat media pembelajaran, menjadikannya tidak hanya dapat digunakan untuk siswa. media pembelajaran juga memberi guru berbagai macam kemudahan untuk menyampaikan materi dengan baik di depan siswa.



Media Pembelajaran Terbaik


Mengingat fungsi dan manfaat media pembelajaran yang mampu mendukung proses belajar di sekolah hingga rumah, maka mendapatkannya yang paling berkualitas adalah keharusan. Untuk itu jangan hanya harganya yang murah lantas tergoda dan langsung membelinya. Pastikan mengadakannya dari distributor terpercaya dan profesional seperti Arfadia. SIDIA www.sidia.id atau sistem edukasi Arfadia merupakan sebuah software pendidikan yang berkualitas dan telah teruji.

Media Pendidikan Pembelajaran Multimedia Sekolah

Media Pembelajaran Aplikasi Pendidikan


Bahkan SIDIA telah banyak digunakan untuk mendukung proses belajar hingga operasional sekolah. SIDIA sebagai software pendidikan www.software-pendidikan.id dapat digunakan untuk siswa dalam menunjang proses belajarnya selama di sekolah satau saat di rumah. Selain itu guru juga dapat menggunakannya untuk persiapan mengajar di kelas . Bahkan operasional sekolah lebih terbantu dengan software pendidikan yang mampu mengatur perpustakaan hingga administrasi sekolah.









Informasi Jual Media Pembelajaran SIDIA :




Sumber :


http://www.software-pendidikan.id/page/baca_artikel/beragam-fungsi-dan-manfaat-media-pendidikan




Arfadia

Powered by GroupSpaces · Terms · Privacy Policy · Cookie Use · Create Your Own Group